10 Juni 2008

Dental Phobia

Atau bahasa lain untuk ketakutan secara psykologis akan dokter gigi.

Mungkin hal ini bukanlah hal yang unik disekitar kita, umumnya image duduk di kursi dokter gigi adalah hal yang paling menakutkan, dengan suara perangkat dokter gigi yang terkadang membikin ngilu ditelinga, belum disentuh saja sakitnya udah terasa hehehe... sakit seperti itu sebenarnya itu adalah sakit yang ditimbulkan oleh faktor psykologis kita sendiri

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dalam kedokteran gigi, faktor buruk psykologis ini berusaha diminimaliskan dengan memanfaatkan faktor psykologis kembali, artinya membuat sang pasien justru senang secara psykologis, karena penggunaan pembiusan langsung pada gigi hanya mengurangi rasa sakit pada saraf-saraf gigi tetapi tidak menghilangkan faktor ketakutan secara psykologis itu.

Pemanfaatan Gas Nitro Oksida / gas ketawa, pemanfaatan gas ini sebenarnya pernah ditayangkan dalam serial kocak Mr. Bean, dimana fungsi gas ini membalikkan kondisi ketakutan alam bawah sadar manusia menjadi senang, di Indonesia sering dikenal dengan nama Hipnotis/ relaksasi, sementara nama medisnya adalah Hypnodontic. Dalam kondisi tenang dokter dapat dengan mudah menganalisa dan melakukan tindakan terhadap gigi sang pasien.

Teknik ini menjadi salah satu Topic yang akan diujikan oleh dosen penguji Ica untuk bisa mendapatkan ijin praktek Dokter Giginya. Hmmm senangnya, walau aku bukan dokter setidaknya aku bisa memberikan kontribusi yang cukup berarti kepadanya dalam menghadapi ujiannya.

Tidak ada komentar: