16 Juni 2008

Pekerjaan itu Privasi?

Ada orang-orang tertentu yang dengan bangganya mengatakan mereka kerja dimana, dan alasan mereka mengungkapkan itu pastinya karena faktor bangga dan senang atas kondisi pekerjaan saat ini, kebanggaan itu bukanlah hal yang berlebihan, kita yang mendengarkan ceritanyapun turut senang dengan kondisi seseorang yang telah bekerja apalagi pada perusahaan yang dikatakan cukup punya nama.

Sebenarnya bukan karena besar / kecilnya perusahaan, tinggi / rendahnya sebuah jabatan, tetapi dengan seseorang telah memiliki tempat mencari nafkah maka ia patut dihargai dan diacungkan jempol, setidaknya ia bukan type manusia yang hanya tau meminta belas kasihan orang lain atau hanya menjadi benalu terhadap teman-temannya, tetapi ia berusaha maksimal menjalani hidupnya tanpa menggantungkan diri dari orang lain, dan aku bangga dengan orang seperti itu.

Sebaliknya ada pula orang yang menyembunyikan seolah malu menyebutkan tempat ia bekerja, kenapa ia malu?? Umumnya karena ia merasa tidak nyaman pada pekerjaannya atau jabatan dalam pekerjaan itu, atau mungkin ia menggeluti pekerjaan yang dikonotasikan negatif, atau pula mungkin apa yang ia katakan pada orang lain tidak sesuai dengan kenyataan.

Apakah sebuah kesombongan apabila seseorang mengatakan tempat ia bekerja atau posisi dia dalam pekerjaan tertentu....
Jawabannya: TIDAK !!! selama apa yang ia katakan sesuai dengan kenyataan.
Yang sombong itu ialah ngaku-ngaku bos padahal cleaning service. Aku pribadi jauh lebih menghargai seorang yang benar-benar seorang cleaning service daripada seorang cleaning service mengaku bos.

Pekerjaan saat ini bukanlah sebuah privasi layaknya sebuah nomer handphone, pekerjaan adalah pengganti status pendidikan, dan hal itu adalah hal yang lumrah dibicarakan sehari-hari... bahkan sering dijadikan kata pembuka dalam sebuah perkenalan. Seperti seorang anak yang ditanya status pendidikannya, haruskah dia malu menjawabnya??

Begitu juga dengan pekerjaan kenapa harus malu / enggan mengatakannya?? Apakah karena pekerjaan itu tak sesuai dengan yang kita inginkan atau mungkin apa yang kita katakan kepada orang lain tidak sesuai dengan kenyataan *seperti cleaning service mengaku bos tadi?*

Ada seorang temanku yang sangat marah disaat aku mengetahuinya bekerja dimana dengan alasan tidak nyaman, privacy, dll. Heh?? Tenang aja aku gak akan minta sumbangan kok kekantormu....

2 komentar:

Anonim mengatakan...

weeeksss...kenapa cihh dia mayah-mayah...;p

Reinheart mengatakan...

Auuukkkkk